Pages

Subscribe:

Minggu, 20 November 2011

Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TIK

PROPOSAL

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA MENGIDENTIFIKASI PERUBAHAN BENTUK-BENTUK POINTER PADA MS. EXCEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII




( MTS AL-WATHONIYAH 2 JAKARTA TIMUR)

Nama Peserta : Meiry Widiyanti, S.Kom

Nomor Peserta : 11016422420035

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)

ANGKATAN 21

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

2011

LEMBAR PENGESAHAN

1. Judul Penelitian : Meningkatkan ketrampilan siswa

mengidentifikasi perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms. Excel menggunakan model pembelajaran Explici Instruction pada siswa kelas VIII MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur

2. Bidang Penelitian : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

3. Lokasi Penelitian : MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur

4. Lama Penelitian : Juli 2012 – Juni 2013

5. Subjek Penelitian : Siswa Kelas VIII - A

6. Biodata Peneliti :

a. Nama Lengkap : Meiry Widiyanti

b. Jenis Kelamin : Perempuan

c. Pangkat/Golongan/NIP : -

d. Jabatan Fungsional : Guru

e. Unit Kerja : MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur

Mengetahui, Jakarta, 22 November 2011

Kepala MTs Al-Wathoniyah 2 Peneliti

Drs. H. Muhammad Amin Meiry Widiyanti, S.Kom

KATA PENGANTAR

Puji syukur senanatiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT, yang menciptakan kehidupan dan menjadikan manusia yang telah dianugerahinya dengan akal dan budi sehingga proposal Penelitian Tindakan Kelas ini Peneliti buat.

Penelitian ini Peneliti maksudkan sebagai acuan sistem pembelajaran peneliti agar lebih baik lagi dalam mengajar siswa MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur. Penelitian ini diharapkan dapat berpengaruh banyak terhadap siswa yang Peneliti ajarkan dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk tingkat SMP/MTs.

Peneliti menyadari, bahwa poposal penelitian jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kepada siapapun yang sekiranya dapat mengoreksi kesalahan – kesalahan yang ada dalam penelitian ini. Akhirnya Peneliti ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan proposal Penleitian Tindakan Kelas ini.

Jakarta, 21 November 2011

Peneliti

Meiry Widiyanti, S.Kom

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN...................................................................... i

KATA PENGANTAR.............................................................................. ii

DAFTAR ISI............................................................................................. iii

DAFTAR GAMBAR................................................................................. iv

DAFTAR TABEL...................................................................................... v

BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 1

1. Latar Belakang..................................................................................... 1

2. Perumusan Dan Pemecahan Masalah.................................................. 2

3. Tujuan Penelitian................................................................................. 3

4. Manfaat Penelitian............................................................................... 3

BAB II LANDASAN DAN HIPOTESIS .................................................. 4

1. Landasan Teori...................................................................................... 4

2. Kerangka Berfikir................................................................................. 6

3. Hipotesis Tindakan............................................................................... 7

BAB III METODOLOGI PENELITIAN................................................... 8

1. Setting Penelitian................................................................................... 8

2. Subjek Penelitian.................................................................................... 8

3. Sumber Data.......................................................................................... 8

4. Teknik Dan Alat Pemgumpulan Data.................................................... 8

5. Validasi Data................................................................................ ......... 9

6. Analisis Data......................................................................................... 9

7. Indikator Kinerja................................................................................... 9

8. Prosedur Penelitian................................................................................ 9

9. Jadwal Penelitian.................................................................................. 11

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 12

Lampiran...................................................................................................... 13

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. pointer blok. Halaman 5

Gambar 2.2. pointer copy. Halaman 5

Gambar 2.3. pointer move. Halaman 5

Gambar 2.4. pointer row. Halaman 5

Gambar 2.5. pointer column. Halaman 6

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) salah satu mata pelajaran yang ada pada tingkatan SMP/MTs. Pelajaran TIK mengenai alat-alat informasi dan komunikasi yang digunakan oleh manusia agar dapat berkomunikasi satu sama lain dan mendapatkan informasi dengan mudah. Perkembangan TIK yang awalnya hanya dari berbicara langsung pada masa kuno sampai berkomunikasi dan mencari informasi melalui internet pada masa modern seperti sekarang ini.

Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi proses pembelajaran semakin mudah terutama adanya komputer. Pada tingkat SMP/MTs komputer dijadikan fasilitas untuk pembelajaran, melalui program-program, siswa diberi pengetahuan tentang program-program komputer terutama MS. Word dan Ms. Excel. Pada kelas VIII SMP/MTs kurikulum yang diajarkan semester I/ganjil mengenai perangkat lunak pengolah kata dan semester 2/genap mengenai perangkat lunak pengolah angka. Karena materi yang diajarkan berkenaan dengan program-program komputer, pembelajaran harus disertai penggunaan langsung (praktik) terhadap salah satu program-program tersebut. Perangkat lunak pengolah kata program yang dipakai adalah microsoft words dan perangkat lunak pengolah angka yang dipakai adalah microsoft Excel, dan berhubung kurikulum yang dipakai masih Microsoft Office 2003, materi yang diajar pun Microsoft Office 2003.

Dalam Ms. Office, program yang diajarkan adalah Ms. Word dan Ms. Excel. Tampilan Ms. Word dan Ms. Excel 2003 disitu banyak sekali menu dan ikon-ikon yang digunakan, dan Peneliti lihat masih banyak siswa yang menagalami kesulitan mengidentifikasi perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms Excel, terutama di sekolah Peneliti yaitu MTs Al-Wathoniyah 2, dimana siswa MTs Al-Wathoniyah 2 sebagian besar dari kalangan ekonomi menengah ke bawah yang tidak mempunyai fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti komputer, nilai output SD yang kurang maksimal, banyaknya penggunaan kata Bahasa Inggris yang terdapat dalam tampilan Ms. Excel serta fasilitas pembelajaran TIK di sekolah yang kurang memadai, menjadikan siswa kesulitan memahami pelajaran TIK pada materi Ms. Excel.

Dengan kurangnya siswa mengidentifikasi terhadap menu dan ikon Ms Excel terutama masalah pemahaman perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel, maka dengan penelitian ini dilakukan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction agar siswa cepat mengerti dalam mengidentifikasi masalah tersebut.

2. Perumusan dan Pemecahan Masalah

2.1.Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana telah disebutkan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal adalah Apakah dengan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan siswa terhadap identifikasi perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel pada siswa kelas VIII-A MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur.

2.2.Pemecahan Masalah

Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan ketrampilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Maka, dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif siswa akan lebih mudah mengidentifikasi dan mengerti perubahan bentuk-bentuk pointer Ms Excel.

Diharapkan melalui model pembelajaran Explicit Instruction siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengerti perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel.

3. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini terhadap siswa kelas VIII adalah meningkatkan pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi perubahan bentuk-bentuk pointer Ms.Excel dengan model pembelajaran Explicit Instruction.

4. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :

1.) MTs-Al-Wathoniyah 2

Dengan hasil penelitian ini diharapkan MTs Al-Wathoniyah 2 dapat lebih meningkatkan dalam pengajaran menggunakan berbagai model pembelajaran agar siswa lebih baik dan untuk diterapkan pada pelajaran lain.

2.) Guru

Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.

3.) Siswa

Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk lebih memahami dan mengerti perubahan bentuk-bentuk pointer Ms Excel.

BAB II

LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS

1. Landasan Teori

1.) Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

a. Pengertian Teknologi

Teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, techne yang berarti keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.

Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, dan bagaimana ia dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.

b. Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

2.) Microsoft Excel

Ms. Excel adalah salah satu program aplikasi dari Ms. Office produksi perusahaan Microsoft, untuk mengolah angka.

3.) Pengertian Pointer

Pointer adalah penunjuk untuk mengolah dokumen pada Ms. Excel.

Perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms Excel :

1.


: Digunakan untuk mengeblok Cell:

a.

Gambar 2.1. pointer blok

Letakkan pointer mouse di tengah cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.1. :

b. Klik, tahan dan geser ke Cell (drag) yang ingin di blok.

c. Lepas button mousenya.

2. : Digunakan untuk menduplikasi (COPY) isi Cell:

a.

Gambar 2.2. pointer copy

Letakkan pointer mouse di pojok kanan bawah Cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.2. :

b. Klik, tahan dan geser (drag) ke Cell yang ingin di copy.

c. Lepas button mousenya.

3. : Digunakan untuk memindahkan (MOVE) isi Cell:

a.

Gambar 2.3. pointer move

Letakkan pointer mouse di sisi atas, bawah, kiri atau kanan Cell dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.3. :

b. Klik, tahan dan geser (drag) ke Cell yang diinginkan.

c. Lepas button mousenya.

Jika ingin memindahkan beberapa Cell, blok dahulu Cellnya.

4. : Digunakan untuk melebarkan kolom (COLUMN)

    1. Letakkan pointer mouse tepat digaris emisah antar kolom dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.4. :
    2. Gambar 2.4. pointer column

      Drag ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan
    3. Lepas button mousenya

5. : Digunakan untuk melebarkan baris (ROW)

    1. Gambar 2.5.. pointer row

      Letakkan pointer mouse tepat digaris pemisah antar baris dan mouse akan berubah seperti Gambar 2.5. :
    2. Drag ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan
    3. Lepas button mousenya

6. Cara mengeblok dengan menggunakan keyboard

a. Letakkan pointer di cell yang akan diblok.

b. Tekan tombol Shift di papan keyboard dan tahan.

c. Tekan tombol panah kanan () selangkah demi selangkah untuk mengeblok ke arah kanan, atau panah kiri () untuk mengeblok ke arah kiri, atau panah atas () untuk mengeblok ke arah atas, atau panah bawah () untuk mengeblok ke arah bawah.

d. Lepas tombol Shiftnya.

4.) Model Pembelajaran Explicit Instruction

Langkah-langkah :

1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan

3. Membimbing pelatihan

4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik

5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

2. Kerangka Berfikir

Berbagai macam model pembelajaran yang diberikan oleh para ahli beserta teori-teori tentang model pembelajaran untuk para pengajar, disini Peneliti mengambil salah satu dari model pembelajaran yaitu Explicit Instruction.

Kenapa Peneliti menggunakan Explicit Instruction ?

1.) Karena siswa yang kurang akan fasilitas pembelajaran seperti minimnya komputer pada laboratorium sekolah, siswa jarang menggunakan atau mempraktikkan langsung program Ms Excel.

2.) Banyak sekali siswa kesulitan untuk memahami dan mengerti tentang perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms Excel. Meskipun sudah dijelaskan dan banyak mengerjakan latihan soal.

3.) Diharapakan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction, siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengerti tentang perubahan bantuk-bentuk pointer pada Ms Excel.

4.) Diharapkan keadaan kelas dan siswa menjadi aktif dan antusias terhadap mata pelajaran TIK khususnya Ms Excel.

5.) Diharapakan juga antara siswa dengan siswa dapat bekerja sama satu sama lainnya dengan baik.

3. Hipotesis Penindakan

Melalui model pembelajaran Explicit Instruction siswa dapat memhami dan mengerti perubahan bentuk pointer Ms Excel bagi siswa kelas VIII MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

1. Setting Penelitian

1.1.Tempat Penelitian

Tempat Penelitian Tindakan Kelas, bertempat di MTs Al-Wathoniyah 2 yang ber alamat di jalan H. Sidin I Rawa Domba Duren Sawit Jakarta Timur

1.2.Waktu Penelitian

Waktu Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada tahun ajaran 2012-2013 dari Juli 2012 sampai dengan Juni 2013.

2. Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII – A MTs Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur jumlah siswa 33 orang, yang terdiri 20 perempuan dan 13 laki-laki.

Pertimbangan Peneliti mengambil subjek penelitian tersebut dimana siswa kelas VIII – A harus sudah dapat mengidentifikasi perubahan bentuk-bentuk pointer MS. Excel dan karena Peneliti mengajar di kelas VIII-A.

3. Sumber Data

Adapun sumber data yang diambil untuk penelitian tindakan kelas ini diambil dari observasi dan survey langsung keadaan kelas dan mengevaluasi pembelajaran siswa kelas VIII-A mengenai masalah ini.

4. Teknik dan Alat Pengumpulan Data

Teknik dan alat yang dipakai untuk pengumpulan data dalam penelitian ini:

1.) dengan melakukan observasi terbuka, mengamatai pembelajaran siswa

2.) Melakukan evaluasi belajar seperti mengumpulan hasil nilai harian, nilai ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester terhadap siswa kelas VIII-A Mts Al-Wathoniyah 2 Jakarta Timur.

3.) Mewawancarai siswa mengenai pembelajaran perubahan bentuk-bentuk pointer pada MS. Excel.

4.) Siswa mengisi kuisoner yang Peneliti siapkan seputar masalah yang Peneliti teliti.

5. Validasi Data

Dari teknik pengumpulan data yang Peneliti pakai diharapkan Peneliti sebagai guru mata pelajran TIK dan Kepala Sekolah MTs Al-Wahoniyah 2 dapat mengukur seberapa banyak siswa yang dapat memahami model pembelajaran yang Peneliti pakai.

6. Analisis Data

Setalah data dikumpulkan, maka tahap berikutnya adalah menganalisis data . analisis data dari penelitian ini menggunakan tahap penyimpulan atau pemberian makna dimana akan dibuat kesimpulan dalam bentuk pernyataan atau uraian singkat.

7. Indikator Kinerja

Dari penelitian tindakan kelas ini diharapkan model pembelajaran Explicit Instruction

1.) Siswa memahami dan mengerti perubahan bentuk-bentuk pointer pada Ms. Excel.

2.) Siswa bekerja sama antara siswa dengan siswa dengan baik dan disiplin

3.) Hasil evaluasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan (mencukupi kriteria ketuntasan minimal). Nilai KKM = 75, 80% dari 33 siswa.

8. Prosedur Penelitian

Adapun prosedur dari penelitian adalah

1.) Perencanaan Tindakan

Di langkah ini peneliti mempersiapkan

a. Materi pembelajaran TIK tentang perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel.

b. Menetapkan rencana 3 tahapan siklus tindakan.

c. Menyusun perangkat pembelajaran seperti program tahunan, program semester, silabus dan RPP.

d. Menyusun bahan ajar seperti Lembar Kegiatan Siswa (LKS).

e. Menyusun alat/instrumen observasi baik untuk siswa maupun untuk guru peneliti.

f. Menyusun rencana evaluasi belajar seperti pengambilan nilai hasil belajar siswa untuk melihat tingkat penguasaan materi siswa pada tiap siklusnya.

2.) Pelaksanaan Tindakan

Dari semua perencanaan yang disiapkan, peneliti akan melakukan pelaksanaan sesuai rencana dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction, dimulai dari

a. Peneliti masuk kelas dan membacakan tujuan pembelajaran.

b. Peneliti mendemostrasikan perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel.

c. Siswa mengamati dari apa yang peneliti demonstrasikan.

d. Peneliti dan siswa bertanya jawab dari apa yang kurang dan tidak diketahui dari siswa.

e. Siswa mempraktikkan perubahan bentuk-bentuk pointer pada program Ms.excel.

f. Siswa menarik kesimpulan dari materi yang telah diajarkan.

3.) Tahap Pengamatan/Observasi

Pada tahap pengamatan peneliti melakukan observasi disaat siswa sedang belajar, mengamati siswa yang sedang berdiskusi, mengamati aktivitas siswa didalam kelas.

4.) Tahap Refleksi

Tahap refleksi dimana peneliti mempunyai hasil akhir dari kesimpulan selama dilakukannya observasi, apabila siklus pertama masih belum sesuai yang diharapkan pada indikator, makan akan dilakukan siklus kedua dan seterusnya sampai siklus ketiga. Setelah siklus ketiga dilakukan, apakah model pembelajaran Explicit Instruction telah berhasil penerapannya terhadap siswa atau tidak.

9. Jadwal Penelitian

Jadwal penelitian dapat dilihat pada Tabel 3.1

Tabel 3.1 : Jadwal Penelitian

No

KEGIATAN

MINGGU KE……..

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

1

Perencanaan

X

x

x

x









2

Proses Pembelajaran

X

x

x

x

x

x

x

X

x

x

x

x

3

Evaluasi













4

Pengumpulan Data





x

x

x

X

x

x

x

X

5

Analisis Data













6

Penyusunan Hasil













7

Pelaporan Hasil













No

KEGIATAN

MINGGU KE……..

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

1

Perencanaan













2

Proses Pembelajaran

X

x

x

x

x

x

x

X

x

x

x

X

3

Evaluasi













4

Pengumpulan Data

X

x

x

x

x

x

x

X

x

x

x

X

5

Analisis Data













6

Penyusunan Hasil













7

Pelaporan Hasil













No

KEGIATAN

MINGGU KE……..

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

1

Perencanaan













2

Proses Pembelajaran

X

x

x

x

x

x

x

X

X

x

x

X

3

Evaluasi













4

Pengumpulan Data

X

x











5

Analisis Data



x

x

x

x







6

Penyusunan Hasil







x

X

X

x



7

Pelaporan Hasil











x

X

DAFTAR PUSTAKA

D. Made Dharmawati, S.Pd, MM, 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas

(PTK), Modul, Jakarta.

Drs. Supriyanto, 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 Kelas VIII,

Penerbit : Yudhistira.

Klinik-it.blogspot.com, 14.10. 21 November 2011.

Lutfi Zulfi, lutfizulfi.blogspot.com, 11.40. 21 November 2011.

Nursidik Kurniawan, A.Ma.Pd.SD, 2007. Upaya peningkatan hasil belajar

matematika melalui tehnik pemberian tugas pekerjaan rumah bagi

siswa kelas VI sekolah dasar negeri 1 Samudra Kulon, PTK, Kulon.

Ridwan, Tumeri, Rifki Fardian, Djubaedah, 2008. Teknologi Informasi dan

Komunikasi Kelas VIII, Penerbit : MGMP TIK Duren Sawit. Jakarta.

Rina, rinakarlinarina.blogspot.com, 13.20, 21 November 2011.

Lampiran 1. Contoh kuesioner

Form Kuesioner

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Di MTs Al-Wathoniyah 2

(diisi oleh siswa kelas VIII)

Nama Siswa :

Kelas :

Hari/Tanggal :

Pertanyaan

1. Apakah anda mengetahui program Ms. Excel ?

a. Ya

b. Tidak

2. Apakah anda memgetahui menu dan ikon Ms, Excel?

a. Ya

b. Tidak

3. Sejauh mana anda mengetahui menu dan ikon Ms. Excel?

a. Sangat mengetahui

b. Kurang mengetahui

c. Tidak mengetahui

4. Apakah anda mengetahui perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel?

a. Ya

b. Tidak

5. Sejauh mana anda mengetahui perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel?

a. Sangat mengetahui

b. Kurang mengetahui

c. Tidak mengetahui

6. Apakah anda mengenal bentuk pointer Ms. Excel berikut ini ?

a. Ya

b. Tidak

7. Apakah anda mengetahui fungsi dari tanda diatas?

a. Ya

b. Tidak

8. Apakah anda mengetahui bentuk pointer Ms. Excel berikut ini ?

a. Ya

b. Tidak

9. Apakah anda mengetahui dungsi dari tanda ditas?

a. Ya

b. Tidak

10. Sejauh mana anda menguasai program Ms. Excel?

a. Sangat mengetahui

b. Kurang mengetahui

c. Tidak mengetahui

Contoh formulir kuesioner untuk siswa mengenai materi perubahan bentuk-bentuk pointer Ms. Excel


7 komentar:

NADAFA mengatakan...

IJIN COPAS YA BUU... :)

mbah_ran mengatakan...

Terimakasih cikgu...

Unknown mengatakan...

Bagus banget..
mkasih cikgu..

Mei WD mengatakan...

your welcome

Unknown mengatakan...

artikelnya bermanfaat sx buat saya..
mkash cikgu..

Mei WD mengatakan...

Alhamdulillah sama2 :)

Unknown mengatakan...

ijin copas

Posting Komentar